Pesisir Selatan-Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan melalui Bidang Pelayanan Kesehatan dan Timker Yankes serta Timker Mutu dan Akreditasi melaksanakan Kegiatan Perencanaan Perbaikan Strategis di UPT Puskesmas Tapan di puskesmas setempat, Jumat (26/9).
Kegiatan ini didampingi langsung oleh Plt.Kepala Puskesmas Tapan, Yanti Novita,SKM,M.KM, ,Kasubag TU, Suharti,S.Gz, turut hadir pula masing - masing penanggung jawab BAB I - BAB V dan Operator INM .
Kabid Pelayanan Kesehatan, Zaidina Umar mengatakan, Perencanaan Perbaikan Strategis (PPS) merupakan salah satu bagian atau komponen dalam akreditasi yang akan melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan tindak lanjut hasil yang direkomendasikan oleh Lembaga/Surveyor kepada Fasyankes.
Perencanaan Perbaikan Strategis (PPS) bukan hanya sekedar tindakan perbaikan sesaat, melainkan sebuah proses berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, melalui Perencanaan Perbaikan Strategis (PPS) berharap agar proses pembinaan dan pengawasan dapat dilaksanakan dengan baik.
Perencanaan Perbaikan Strategis (PPS) bukan merupakan hal baru melainkan sudah lama dalam pelaksanaan survei akreditasi, akan tetapi pengaplikasiaan.
Perencanaan Perbaikan Strategis (PPS) dalam bentuk online baru terealisasikan saat ini, dimana Perencanaan Perbaikan Strategis (PPS) tidak lagi dibuat dalam bentuk tulisan melainkan dapat langsung di input melalui sistem yaitu aplikasi Data Fasyankes Online (DFO).
Ia menyebutkan, Perencanaan Perbaikan Strategis (PPS) bukan hanya kepentingan Puskesmas saja melainkan untuk Dinas Kesehatan, Lembaga bahkan Kementerian Kesehatan, karena kita dapat memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan akreditasi di Pelayanan Kesehatan".
"Adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu fasilitas kesehatan khususnya Puskesmas untuk mencapai pemenuhan standar yang ditetapkan akreditasi serta mampu meningkatkan kualitas pelayanan," tambahnya.