PESISIR SELATAN, 10/12/2018-Lembaga Konsultan Pengembangan SDM dan Managemen Terapan telah melakukan survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan RSUD M.Zein Painan periode 2018. Hal itu dikemukakan Direktur RSUD M.Zein Painan, dr.Sutarman, Senin (10/12) di Painan.
Ia mengungkapkan, hasil analisa data survey secara keseluruhan IKM terhadap pelayanan RSUD Dr. M. Zein Painan periode tahun 2018 itu adalah BAIK (78,42%).
Untuk Akses Baik (68,46%) belum mencapai standar pelayanan prima, IGD Sangat Baik (78,43%) sudah mencapai standar pelayanan prima, Dokter Sangat Baik (88,74%) sudah mencapai standar pelayanan prima, Perawat Sangat Baik (88,31%) sudah mencapai standar pelayanan prima, Farmasi Baik (68,06%) belum mencapai standar pelayanan prima, Rawat Inap Baik (87,48%) belum mencapai standar pelayanan prima.
Selanjutnya, Radiologi Baik (77,18%) belum mencapai standar pelayanan prima, Rawat Jalan Baik (76,09%) belum mencapai standar pelayanan prima, Bersalin Baik (75,54%) belum mencapai standar pelayanan prima dan Kesan Umum Sangat Baik (78,44%) sudah mencapai standar pelayanan prima, jelasnya.
Sementara Kabid Pelayanan Medis RSUD M.Zein Painan, Yantis Capanay mengatakan, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dari hasil survey tersebut sebagai berikut adalah waktu tunggu/pelayanan cukup lama (14,4%), ketepatan waktu pelayanan (10,4%), tempat pelayanan kurang nyaman (6,4%).
Saran perbaikan perlu meningkatkan kepada semua pegawai tentang kewajiban sabagai pegawai pelayanan publik khususnya di Poliklinik Rawat Jalan, Farmasi, Sekuriti dan Pendaftaran, Menciptakan ruang tunggu yang nyaman di ruang rawat jalan agar penunggu lebih nyaman dan tidak jenuh, Perbaikan dan penertiban sarana parkir, Lebih menegakkan ketertiban dan peraturan penunggu pasien rawat inap, Pelayanan tempat Farmasi dan Ruang Tunggu yang lebih representative.
Dijelaskan, latar belakang diadakannya survey adalah rumah sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan pelanggan/pasien dengan meningkatkan kualitas pelayanannya. Maksud dan tujuan mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit khususnya rawat inap, rawat jalan dan IGD.
Sedangkan manfaat survey adalah memberikan masukan kepada manajemen rumah sakit tentang kepuasan pasien rawat inap, rawat jalan dan IGD terhadap berbagai pelayanan yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap, rawat jalan dan IGD dalam rangka meningkatkan optimalisasi pelayanan rumah sakit kepada pasien sebagai pelanggan.
Sebagai dasar dan tahap awal melakukan evaluasi secara berkala mengenai penilaian kualitas pelayanan yang dilakukan berbagai pelayanan. Sasaran untuk mengetahui tingkat pencapaian RSUD Dr. M. Zein Painan dalam memberikan pelayanan ke masyarakat. (03)