Painan, Jul i----
Demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pelanggan pengguna jasa air minum, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terus melakukan inovasi dan perbaikan manajemen.
"Perbaikan manajemen ini bukan saja di tingkat internal petugas PDAM, tapi juga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat konsumen," ungkap Murdi Tahman, direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) kepada pesisirselatan.gi.id di ruang kerjanya (21/7).
Dalam mengukur tingkat keberhasilan kinerja, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) bukan saja melakukan penilaian atas target yang dicapai dalam meningkatkan jumlah sambungan pelanggan baru. Tapi juga terhadap kepuasan konsumen tentang kualitas dan intensitas jaminan pasokan air disepanjang waktu.
Khusus untuk kepuasan konsumen, pihak PDAM saat ini sedang berupaya menyelesaikan pembangunan dua WTP bak penampung air yang terdapat di bukit Putus dan Batugajah dengan kapasitas masing-masing 20 liter perdetik. Proyek bantuan dari dana provinsi dan pusat ini, akan diupayakan bisa opersi pada September 2010 ini.
"Nah, dengan telah beroperasinya dua WTP ini nanti, maka keluhan , masyarakat konsumen kota Painan terhadap kualitas, kuantitas dan kontiniutas air akan terjawab. Sebab walau hari hujan, kualitas dan kontinuitas air itu akan tetap terjamin," jelasnya.
Ditambahkanya, pada tahun 2010 ini, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mentargetkan 1.316 sambungan pelanggan baru. Dari terget ini, hingga pertengahan tahun (Juni red), telah tercapai sebanyak 640 sambunag baru, atau 48,6 persen yang tersebar pada 11 unit yang ada.
Diharapkan target yang telah dipasang itu bisa tercapai hingga akhir tahun, sebab untuk memacu agar pencapaian itu terwujud, pihak PDAM juga sedang berupaya merampungkan pembangunan WTP dan jaringan yang terdapat di nagari Lumpo dengan kapasitas 20 liter perdetik, sama dengan dua WTP yang ada di kota Painan ini.
Dengan telah dioperasikanya tiga WTP ini nantinya, maka untuk kecamatan IV Jurai bisa dikatakan jaringan PDAM sudah menjangkau sebagian besar masyarakat atau telah melebihi 75 persen warganya. Peningkatan kualitas dan jaringan ini nantinya secara bertahap akan terus dilakukan disemua kecamatan yang ada di daerah ini. "Sebab PDAM ini memiliki hubungan yang sangat erat dalam mensukseskan program sehat kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) tahun 2012," tutupnya. (05)