• info@pesisirselatan.go.id
  • Hours: Mon-Fri: 8am – 4pm

20 April 2011

948 kali dibaca

Sistem Jaringan Pembayaran Listrik Online Di Painan Terganggu

Painan, April---

Pelanggan PLN di Kota Painan kecamatan IV Jurai kabupaten Pesisir Selatan dan sekitarnya yang biasanya melakukan pembayaran tagihan listrik di loket penerimaan pembayaran Koperasi Karyawan PLN (Kokarlin) Ranting Painan dan Kantor Pos Dan Giro Painan, Rabu (20/4) merasa kecewa dan khawatir terkena denda keterlambatan.

Pasalnya peralatan sistem jaringan pembayaran online tagihan listrik pada dua loket tersebut mengalami gangguan kerusakan. Kerusakan diakui terjadi sejak pagi hari saat petugas loket akan memulai aktifitas menerima pembayaran tagihan listrik pelanggan. Tanggal 20 setiap bulan diketahui merupakan batas akhir pembayaran tagihan listrik bulan berjalan.

Beberapa orang warga pelanggan PLN yang terlihat antri di loket penerimaan pembayaran Kokarlin Painan mengaku cemas karena kerusakan jaringan itu bisa membuat mereka tidak bisa melakukan pembayaran pada hari ini, sehingga bisa dikenakan denda keterlambatan.

" Padahal hari ini adalah batas akhir pembayaran tagihan listrik. Kalau tidak bisa melakukan pembayaran kami khawatir akan kena denda," ungkap beberapa orang pelanggan yang kebanyakan ibu rumah tangga ditemui di kursi antrian loket tersebut.

Manager PLN Ranting Painan Darmalis mengakui telah mengetahui kerusakan peralatan sistem jaringan sejak pagi ketika petugas loket mulai buka.

" Saat dioperasikan pagi tadi oleh petugas penerima ternyata peralatan tidak bisa mengakses jaringan pembayaran," kata Darmalis.

Darmalis mengaku sudah mengkonfirmasikan gangguan kerusakan sistem jaringan tersebut kepada Kantor Pos Dan Giro Painan untuk diperbaiki. Ternyata sistem jaringan penerimaan pembayaran tagihan listrik di kantor Pos Dan Giro Painan juga tidak berfungsi.

Kepala Kantor Pos Dan Giro Painan, Nur Hamzah ditemui terpisah menyebutkan gangguan pada sisem jaringan tersebut karena kerusakan peralatan dan saat ini sudah dilakukan kontak dengan kantor pusat untuk memperbaikinya.

" Untuk loket kantor Pos Dan Giro sudah dilakukan kontak dengan kantor pusat sementara peralatan di loket Kokarlin sedang ditelusuri penyebab gangguan sistem jaringannya," kata Nur Hamzah.

Nur Hamzah menerangkan sistem jaringan antara loket Kantor Pos Dan Giro dengan jaringan pada agen pembayaran online di luar kantor Pos memiliki server jaringan yang berbeda. Jadi menurutnya jika gangguan sistem jaringan di kantor Pos yang bermasalah maka harus menghubungi kantor pusat, sementara untuk agen pembayaran di luar dilakukan pemeriksaan koneksi jaringan internetnya karena hanya terhubung ke server di kantor Pos Dan Giro.

Baik Darmalis maupun Nur Hamzah menghimbau warga pelanggan di Kota Painan dan sekitarnya yang biasanya melakukan pembayaran di dua loket tersebut melakukan pembayaran di loket agen penerimaan pembayaran lain yang berdekatan dengan daerah domisili karena loket lainnya tetap berfungsi seperti biasa. Selain itu dihimbau juga agar pelanggan melakukan pembayaran pada awal-awal bulan untuk menghindari kemacetan jaringan akibat padat pada hari terakhir batas pembayaran bulan berjalan.

" Hanya dua loket itu yang bermasalah dan loket lain pada agen di luar tetap berfungsi normal sehingga pelanggan bisa melakukan pembayaran pada loket-loket tersebut untuk menghindari keterlambatan. Sistem online pembayaran sangat memudahkan pelanggan karena pembayaran bisa dilakukan dimana saja, tidak harus di loket tempat domisili pelanggan," pungkas Nur Hamzah. (03