Pesisir Selatan-Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni minta aparatur memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat. Hal itu sangat penting dan menjadi indaktor keberhasilan pemerintah dalam penyelenggaraan pemerintahan. Demikian dikatakan Bupati Hendrajoni, Selasa (24/9).
Selain itu bupati menyebutkan, setiap tahun dilakukan penilaian atas laporan akuntabilitas kinerja pemerintah, mulai dari tingkat pusat (kementerian), provinsi dan kabupaten/kota.
Nilai akuntabilitas kinerja mengidentifikasikan kemampuan instansi pemerintah tersebut untuk merencanakan target kinerja, penyelarasan hal-hal yang dikerjakan dengan target kinerja, penyelarasan anggaran dengan apa yang dikerjakan, pengerjaan kegiatan sesuai rencana dan pelaporan capaian kinerja yang selaras dengan yang telah dilaksanakan dan yang dikerjakan sebelumnya, jelasnya.
“Akuntabilitas terhadap hal-hal tersebut diatas berupa penyampaian Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,” terangnya.
Ia mengatakan, untuk mewujudkan aparatur yang bersih, akuntabel, dengan kinerja yang efektif dan efisien, serta aparatur yang mampu memberikan pelayanan yang semakin baik, maka Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melakukan evaluasi.
Bupati juga berharap agar aparatur pemerintah daerah selalu memperhatikan kondisi serta tuntutan perkembangan yang ada demi meningkatkan kemajuan serta kesejahteraan masyarakat di masa mendatang.
“Tuntutan masyarakat terhadap aparatur pemerintah untuk mampu memberikan pelayanan yang baik , profesional, efektif, efesien, sederhana, transparan dan tepat waktu harus selalu direspon secara positif dengan mengaktualisasikanya secara nyata," tegasnya. (03)