Pesisir Selatan,-- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bakal memiliki kantor perwakilan di Kecamatan Basa Ampek Balai (BAB) Tapan. Hal ini terencana, untuk lebih mendekatkan pelayanan publik bagi masyarakat di bagian selatan daerah itu.
"Pembangunan kantor perwakilan Pemkab Pessel tersebut bertujuan untuk mendekatkan pelayanan publik bagi masyarakat Pesisir Selatan, khususnya mereka yang tinggal di bagian selatan daerah ini," ungkap Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni di Painan, Kamis (9/5)
Dia menjelaskan, munculnya rencana untuk membangun kantor perwakilan di Tapan, diantaranya setelah melihat dan mendengarkan keluhan masyarakat. Terutama bagi mereka yang tinggal di enam kecamatan yakni, Pancung Soal, Kecamatan Air Pura, Rahul Tapan, BAB, Lunang dan Silau serta kecamatan sekitaran yang dari pusat kabupaten.
"Akibat jauhnya jarak tempuh tentu saja berdampak kepada tingginya biaya yang dikeluarkan masyarakat dan lamanya waktu yang dibutuhkan. Bahkan ada diantara masyarakat yang terpaksa bermalam di Painan, karena apa yang diurusnya belum tuntas," ujarnya.
Menurutnya, setelah kantor perwakilan Pemkab Pessel terdebut selesai dibangun, maka pihak dari pemerintah akan menempatkan ASN kabupaten di kantor tersebut. Katanya, pelayanan di kantor tersebut akan dibuka untuk sejumlah pelayanan pemerintah.
"Segala hal yang biasa diurus ke Painan seperti perizinan, BPJS atau administrasi Kependudukan, dapat dilayani di kantor perwakilan," terangnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pesisir Selatan, Era Sukma Munaf mengakui, rencana pembangunan kantor perwakilan Pemkab Pessel di Tapan tersebut akan segera dimulai tahun ini.
Lanjutnya, untuk pelaksanaannya akan dikerjakan dengan sistem multi years, dari tahun 2019 dan 2020. "Kantor perwakilan Pemkab Pessel di Tapan, direncanakan akan menghabiskan dana sebesar Rp 12 miliar. Dan tahun ini sedang dalam tahap persiapan tender,"tutupnya.