Pesisir Selatan, - Dalam mendukung kinerja pada Unit Kerja Layanan Dukcapil Kecamatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan lakukan peningkatan kapasitas jaringan komunikasi data (Jarkomdat).
Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melalui Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data (PIAK & PD), Sartoni Nursalim, S. Kom, selasa (22/09) mengatakan Peningkatan ini merupakan tindak lanjut dari pelaporan tim teknis Dinas Dukcapil Pesisir Selatan.
“Pelayanan di UKL Kecamatan Batang Kapas sering mengalami kendala terutama pada koneksi pelayanan, baik koneksi lokal ke server yang terdapat pada dinas maupun koneksi ke server di kemendagri. Hal ini tentu menyebabkan pelayanan adminduk kepada masyarakat sedikit melambat dan tidak maksimal karena memakan waktu yang tidak sesuai dengan yang ditentukan dalam standar operasional prosedur pelayanan di UKL Kecamatan,” katanya.
Untuk itu, perlu dilakukan penggantian jaringan yang sebelumnya masih sistem sentral menggunakan saluran udara dengan kabel tembaga diganti dengan jaringan Point To Point dengan menggunakan jaringan Fiber Optik sebagai media penghubung dengan berkerjasama dengan PT. Telkom sebagai provider penyedia jaringan komunikasi data (Jarkomdat) Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Pesisir Selatan.
“Dari 15 Unit Kerja Layanan Kecamatan, 11 UKL diantaranya sudah menggunakan jaringan fiber optik, 3 UKL menggunakan koneksi V-Sat dan 1 UKL menggunakan jaringan telkom sentral (Jaringan Lama) yaitu UKL Kecamatan Batang Kapas”, jelasnya.
Dengan peningkatan kapasitas jaringan pelayanan di UKL Kecamatan Batang Kapas ini maka seluruh UKL Dukcapil Pelayanan telah menggunakan jaringan komunikasi data yang menggunakan jalur fiber optik ataupun menggunakan V-Sat.
“Sebelum jaringan telkom ini tersedia di 5 UKL tersebut, kita juga pernah menggunakan jalur Virtual Private Network (VPN) yang disediakan oleh Jarkomdat Kemendagri dengan menggunakan jaringan GSM atau ponsel namun koneksi ini tentu membutuhkan biaya yang tinggi untuk penyediaan kuota internet GSM pada modem pelayanan, dengan telah ditingkatkannya kapasitas jaringan di seluruh UKL Kecamatan ini, pelayanan adminduk dapat berjalan lebih maksimal.” tutupnya.