Painan, Mei ----
Kabupaten Pesisir Selatan terus meningkatkan mutu pelayanan. Mutu pelayanan kepada masyarakat diukur dalam bentuk pelayanan prima. Pelayanan prima diyakini sebagai metoda yang akan memberi kepuasan kepada masyarakat yang berurusan dengan pemerintah.
Menurut Widyaswara Bandiklat Provinsi Sumatera Barat Azwir Tasar keluhan masyarakat terkait dengan rendahnya mutu pelayanan pemerintah masih terjadi karena belum adanya metode pelayanan efektif. "Sejak diperkenalkannya pelayanan prima maka mutu pelayanan makin baik dan efektif, namun belum semua instansi yang menerapkan metoda ini dengan maksimal" ujarnya.
Azwir berharap agar ditengah makin berkembangnya kebutuhan masyarakat maka aparatur pemerintah harus terus berbenah sehingga pelayanan kepada masyarakat optimal. "Hari ini kebutuhan masyarakat adalah mutu pelayanan yang diberikan aparatur, cepat, terukur dan mudah" jelasnya.
Azwir yang juga pelaku bisnis mengakui bahwa hambatan terbesar dunia usaha saat ini menyangkut rendahnya tingkat daya saing akibat pelayanan terutama bidang perizinan yang masih lemah. "Makanya aparatur harus terus berbenah dengan cara meningkatkan kompetensi melalui pendidikan dan latihan" tukuknya saat memberi kuliah pada peserta Pendidikan dan Pelatihan Tingkat IV Angkatan I Badan Diklat Propinsi Sumatera Barat.(06)