Pesisir Selatan - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr.M.Zein Painan terus meningkatkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan medis tahun 2019 ini. Demikian disebutkan Direktur RSUD Dr.M.Zein Painan, dr.Sutarman, Jumat (29/3) di Painan.
Sementara secara keseluruhan IKM terhadap pelayanan RSUD Dr.M. Zein Painan periode tahun 2018 lalu adalah BAIK (78,42%). Untuk periode 2019 ini, IKM itu diupayakan meningkat.
Dijelaskan, untuk peningkatan IKM itu, maka pihak RSUD M.Zein Painan terus meningkatkan disiplin kepada semua pegawai dan melaksanakan kewajiban sabagai pegawai pelayanan publik, khususnya di Poliklinik Rawat Jalan, Farmasi, Satpam dan Pendaftaran.
Selanjutnya, menciptakan ruang tunggu yang nyaman di ruang rawat jalan agar penunggu lebih nyaman dan tidak jenuh, Perbaikan dan penertiban sarana parkir, Lebih menegakkan ketertiban dan peraturan penunggu pasien rawat inap, Pelayanan tempat Farmasi dan Ruang Tunggu yang lebih representative.
Dijelaskan, rumah sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan pelanggan/pasien dengan meningkatkan kualitas pelayanannya. "Kita konsisten meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit khususnya rawat inap, rawat jalan dan IGD," ucapnya.
Disebutkan, manajemen rumah sakit juga mesti memberikan kepuasan pasien rawat inap, rawat jalan dan IGD terhadap berbagai pelayanan yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap, rawat jalan dan IGD dalam rangka meningkatkan optimalisasi pelayanan rumah sakit kepada pasien sebagai pelanggan.
"Dalam hal ini kita terus melakukan peningkatan dan pembenahan, sekaligus evaluasi secara berkala mengenai penilaian kualitas pelayanan yang dilakukan berbagai pelayanan. Sasaran untuk mengetahui tingkat pencapaian RSUD Dr. M. Zein Painan dalam memberikan pelayanan ke masyarakat," tutupnya.