Pesisir Selatan-Komunikasi sangat mempengaruhi keberhasilan layanan kepada pasien. Oleh karena itu, karyawan /i Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr.Muhammad Zein Painan diberikan pelatihan tentang komunikasi efektif.
Kegiatan pelatihan itu dilaksanakan di Aula RSUD Dr.Muhammad Zein Painan, Rabu (25/1) yang diikuti karyawan / i rumah sakit setempat. Sedangkan narasumber dalam pelatihan tersebut adalah Dr. dr Hj Arina Widya Murni Sp PD Kpsi Finasim.
Direktur RSUD Dr.Muhammad Zein Painan, dr.Harefa menjelaskan, komunikasi adalah hal yang sangat penting, dan tentunya mempengaruhi keberhasilan pelayanan di rumah. Komunikasi itu dibagi atas 2 bagian.
Pertama, komunikasi Verbal yaitu komunikasikan yang dilakukan secara lisan melalui percakapan. Kedua, komunikasi non verbal yaitu komunikasi tanpa kata seperti sikap, gerakan tubuh, gerak isyarat, dan ekspresi wajah.
Dikatakan, Model Patient centered care, pasien adalah pusat layanan, Nakes PPA ( Profesional Pemberi Asuhan) merupakan Tim Interdisiplin, diposisikan disekitar pasien, tugas mandiri, kolaboratif, delegatif, mandiri, kompeten, memadai, sama penting/ setara pada kontibusi profesinya.
DPJP sebagai Clinical leader, melakukan koordinasi, Review, sintesis integrasi asuhan pasien. Komunikasi dapat efektif jika secara verbal memperlakukan pasien dengan magic word ( mengucapkan terima kasih, mohon bantuan , silahkan ) menciptakan suasana kondusif, bertanya dengan kalimat terbuka. Secara vokal, volume suara cukup, artikulasi jelas, internal suara dinamis, jeda dan teratur.