• info@pesisirselatan.go.id
  • Hours: Mon-Fri: 8am – 4pm
Tim Dinkes Pesisir Selatan Lakukan  Monev di Puskesmas Rahul

26 September 2025

8 kali dibaca

Tim Dinkes Pesisir Selatan Lakukan Monev di Puskesmas Rahul

Pesisir Selatan-Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan yaitu Elvamida Yuska,  SKM,MKM,  Nofriadi, SKM, MM dan dr. Reny Marina, MKM melaksanakan Monitoring dan Evaluasi di UPT Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, Jumat (26/9). 

Tim Dinkes, Elvamida Yuska mengatakan, 
Monev (Monitoring dan Evaluasi) adalah kegiatan pengamatan dan penilaian terhadap pelaksanaan program kesehatan seperti ILP (Integrasi Layanan Primer), RME (Rekam Medis Elektronik), PIS-PK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga), dan Yankestrad (Pelayanan Kesehatan Tradisional).

Hal itu dilakukan untuk memastikan kesesuaian dengan rencana, prosedur, serta mengidentifikasi kendala dan tantangan yang dihadapi, dengan tujuan utama untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan program secara keseluruhan.

Aspek yang dimonitor dan dievaluasi yaitu
ILP (Integrasi Layanan Primer). 
Monev dilakukan untuk melihat bagaimana program Posyandu ILP, yang melayani seluruh siklus kehidupan dalam satu hari (ibu hamil, bayi, balita, usia produktif, dan lansia), dijalankan di tingkat Pustu dan Posyandu. 

PIS-PK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga). Penilaian dilakukan untuk mengamati perkembangan dan kinerja program yang menggunakan pendekatan keluarga untuk meningkatkan jangkauan sasaran pelayanan kesehatan. 

Yankestrad (Pelayanan Kesehatan Tradisional). Meskipun informasinya lebih terbatas, monev juga akan mencakup pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan dan kualitas pelayanan kesehatan tradisional.

RME (Rekam Medis Elektronik). 
Aspek yang dimonitor kemungkinan mencakup penggunaan sistem RME untuk pencatatan dan pelaporan data pasien, memastikan efektivitas dan efisiensi sistem.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membantu Puskesmas untuk mencapai pemenuhan sesuai standar yang ditetapkan serta mampu meningkatkan kualitas pelayanan, " jelasnya.