• info@pesisirselatan.go.id
  • Hours: Mon-Fri: 8am – 4pm
Direktur RSUD Dr.M.Zein Painan Lakukan Pemeriksaan Sarpras Untuk Kenyamanan

22 Januari 2020

1634 kali dibaca

Direktur RSUD Dr.M.Zein Painan Lakukan Pemeriksaan Sarpras Untuk Kenyamanan

Pesisir Selatan-Direktur RSUD Dr.Muhammad Zein Painan, dr. Sutarman, M.M melakukan pemeriksaan kondisi sarana dan prasarana (Sarpras) yaitu bangunan, ruangan dan sekitar lingkungan Rumah Sakit untuk memastikan bagian yang perlu dilakukan perbaikan untuk kenyamanan bersama, Selasa (21/1).

Pada kesempatan itu, Direktur RSUD Dr.Muhammad Zein Painan, dr. Sutarman, M.M didampingi Kabag TU, Lidia Defianti, SKM, Kabid Penunjang Medis, Silvia Ikhlas, S.Si.Apt, MARS, Kasubag Umum, Kepegawaian & Diklat, Fefrianto, S. Kom, serta Kepala Instalasi IPLRS, Afwan, AMS, SKM.

Bersama tim yang berwenang Sutarman melakukan pemeriksaan kondisi bangunan dan ruangan, berkoordinasi untuk memberikan fasilitas yang lebih baik lagi, sekaligus memberi semangat bagi dokter dan perawat yang bertugas di ruangan.

Dikatakan, kenyamanan ruangan di rumah sakit sangat penting, dan tentunya juga berdampak positif bagi pasien. Kemudian juga meningkatkan motivasi kerja bagi pegawai rumah sakit.

"Pemeriksaan kondisi bangunan, ruangan dan lingkungan rumah sakit ini sengaja dilakukan agar dapat dipastikan bagian mana saja yang dilakukan perbaikan untuk memberikan kenyamanan bersama," ucapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, rumah sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan pelanggan/pasien dengan meningkatkan kualitas pelayanannya. Maksud dan tujuan mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit khususnya rawat inap, rawat jalan dan IGD.

Sedangkan manajemen rumah sakit harus mengutamakan kepuasan pasien rawat inap, rawat jalan & IGD terhadap berbagai pelayanan yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap, rawat jalan dan IGD dalam rangka meningkatkan optimalisasi pelayanan rumah sakit kepada pasien sebagai pelanggan.

Sutarman meyebutkan, pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil untuk memudahkan pasien dalam mendapatkan dokumen kependudukan tanpa harus bolak-balik ke kantor pelayanan.
   
Dalam pelaksanaannya, pihak RSUD M.Zein segera memberi informasi ke pejabat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terkait adanya pasien yang membutuhkan dokumen kependudukan, dan personel akan dikirim melakukan pendataan di tempat.
   
Begitu juga jika adanya ibu yang baru melahirkan setelah diinformasikan, maka personel Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil segera menyiapkan akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA).
   
Berikutnya, jika ada yang meninggal dunia, maka akta kematian pun segera disiapkan setelah mendapatkan informasi. Sementara ruang bermain bagi pasien anak sengaja disiapkan sebagai upaya mempercepat penyembuhan mereka, ulasnya. (03)