Painan, - Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan maupun di Unit Kerja Layanan (UKL) Kecamatan cenderung mengalami peningkatan dalam beberapa bulan terakhir.
Ini dipicu dengan telah dibukanya pendaftaran penerimaan sebagai anggota dan karyawan dibeberapa lembaga dan instansi pemerintah, BUMN dan swasta seperti penerimaan anggota baru TNI dan POLRI, Bank BUMN dan Perusahaan Swasta.
Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Edi Siswadi, SE, MM bahwa memang peningkatan ini biasa terjadi setiap tahunnya terutama apabila ada penerimaan anggota dan karyawan baru di lembaga dan instansi pemerintah atau swasta.
“Mulai dari sekedar legalisir dokumen kependudukan sampai dengan penerbitan dokumen baru dan perbaikan data sering terjadi ketika ada pembukaan lowongan pekerjaan atau sebagainya” ungkapnya.
Untuk menghadapi peningkatan pelayanan ini, kita sudah memberikan arahan kepada seluruh staf register dan operator pelayanan yang terdapat pada dinas serta UKL agar memberikan pelayanan yang terbaik sehingga masyarakat yang membutuhkan tidak mengalami kendala dalam hal data dan dokumen kependudukan.
“Data dan dokumen kependudukan yang valid, akurat dan mutakhir merupakan elemen persyaratan yang utama dalam setiap penerimaan anggota dan karyawan baru,” tambahnya.
Ia melanjutkan selain jelang pembukaan pendaftaran lembaga dan instansi ini, peningkatan pelayanan adminduk juga kerap terjadi pada saat tahun Ajaran Baru Pendidikan dan setelah Hari Raya Idul Fitri.
“Tahun ajaran baru pendidikan dan setalah lebaran juga terjadi lonjokan layanan, ini dikarenakan kebutuhan dalam melengkapi data dan dokumen kependudukan untuk pendaftaran sekolah dan kebutuhan penduduk yang mengajukan perpindahan domisili atau merantau ke daerah lain juga,” tutupnya.