Pesisir Selatan -- Promosi wisata daerah sudah sangatnya digalakkan. Berbagai metode digunakan untuk mendongkrak kesadaran tentang subjek wisata tersebut.
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Hadi Susilo Rabu (11/9) di Painan. Menurutnya, pariwisata bukan sekedar produk-produk kerajinan tangan. Lebih dari itu, pariwisata juga meliputi kekayaan alam, kebudayaan, dan sebagainya.
“Janganlah kita selalu menonjolkan produk kerajinan tangannya saja. Mari mencontoh daerah lain. Mereka bisa mengangkat tempat-tempat menarik yang bisa menarik wisatawan bertandang ke sana,” katanya
Mengatakan integrasi banyak hal untuk mempromosikan wisata menjadi penting. Selain itu, promosi tidak bisa dilakukan secara asal. Sebaiknya, promosi harus memerhatikan potensi wisatawan yang ada.
"Pertanyaannya, apakah promosi di lakukan menjadi promosi yang efektif. Sepertinya perlunya mengkaji ulang dan memerhatikan potensi wisatawan di daerah ," ujarnya
Mengatakan pentingnya koordinasi semua pihak untuk mengeksekusi strategi pemasaran wisata daerah. Pemerintah daerah fungsinya sebagai fasilitator. Ada hal yang patut diperhatikan dalam mengembangkan daya tarik investasi untuk mendukung pariwisata daerah. Intinya, semua strategi bisa diekskusi bila ada modal.
“Pariwisata kita selama ini telah menyumbang PAD terbanyak karena itu perlu adanya peningkatan promosi kedepannya ," ujarnya
Ditambahkannya, pengembangan pariwisata yang merupakan konektivitas sosial budaya perku konektivitas fisik dan kelembagaan. Sebab itu, pentingnya pembangunan fasilitas dan infrastruktur yang memadai. “Konektivitas banyak hal dari transportasi sampai teknologi, termasuk kelembagaan sangat diperlukan,” katanya (07)