• info@pesisirselatan.go.id
  • Hours: Mon-Fri: 8am – 4pm
Bupati Serahkan Penghargaan Dukcapil Kategori Khusus Kepada Kadis Dukcapil

11 Februari 2019

297 kali dibaca

Bupati Serahkan Penghargaan Dukcapil Kategori Khusus Kepada Kadis Dukcapil

PESISIR SELATAN, 11/2/2019-Bupati Pesisir Selatan, H.Hendrajoni menyerahkan penghargaan Dukcapil Kategori Khusus dari Kemendagri RI kepada Kadis Dukcapil Pessel, Evafauza Yuliasman saat apel gabungan di halaman kantor bupati setempat.

Sebelumnya, penghargaan itu diserahkan Mendagri, Cahyo Kumolo diwakili Dirjen Dukcapil Kemendgari, Zudan Arif Fakrulloh kepada Bupati Pessel, Hendrajoni, Kamis 7 Februari 2019 di Four Points By Sherator Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Bupati Hendrajoni mengatakan, penghargaan Dukcapil Kategori Khusus merupakan apresiasi dari pemerintah pusat melelalui Kemendagri atas dukungan kebijakan dan implementasi yang dapat mengungkit pemanfaatan data dan pelayanan Dukcapil skala besar di Kabupaten Pesisir Selatan.

"Bahkan Kemendagri memuji inovasi-inovasi pelayanan Dukcapil yang dilakukan Pemkab Pessel selama ini, sehingga inovasi itu hendaknya dicontoh pula oleh daerah-daerah lain di Indonesia. Kita patut bersyukur bahwa inovasi yang kita lakukan memberikan pengaruh yang besar bagi masyarakat," ucapnya.

Menurutnya, penghargaan bergengsi tingkat nasional itu merupakan implementasi dari komitmen Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dalam mengoptimalkan konsep pelayanan prima menjadi model yang diterapkan guna meningkatkan kualitas dalam pelayanan publik.

Salah satu bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Disdukcapil dalam mewujudkan pelayanan publik yang baik tersebut adalah menerapkan kebijakan pembentukan Unit Kerja Layanan (UKL) disetiap kecamatan.

Dengan pembentukan UKL itu dapat memberikan pelayanan dengan akses layanan yang lebih dekat, cepat, mudah, berkeadilan dan melebihi standar pelayanan yang ada. Kemudian, Disdkucapil memaksimalkan berbagai inovasi aplikatif administarasi kependudukan dengan komitmen pelayanan membahagiakan masyarakat.

Inovasi pelayanan itu seperti UKL yang ada di 15 kecamatan, Salam Sapa ke Pintu Rumah, Layanan Berputar (Berkeliling Kampung Jemput Antar), Layanan Turut Berduka (Layanan Turun ke Rumah Duka) memberikan dokumen kematian, Layanan Pass Nikah (Pemberian Administrasi Status Saat Pernikahan), Lado Kutu (Pelayanan Dengan Melakukan Kerjasama Dengan Lembaga Pelayanan Publik), Layanan Sehat (Layanan Semoga Cepat Sehat), Layanan THR (Layanan Terpadu Hari Raya), Layanan Selamat Lahir (Layanan Setelah Lahir Mendapat Akta Kelahiran) dan Layanan Jebol Per Siswa ( Layanan Jemput Bola Perekaman Siswa), sebutnya. (03)